Salah satu tahapan penting selama seleksi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah sesi Leaderless Group Discussion (LGD). Kabarnya jika kamu lolos sesi ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan tiket beasiswa tersebut.

Lantas apa itu LGD?

LGD adalah diskusi kelompok tanpa ditunjuknya seorang pemimpin, yang mana kedudukan semua anggota sama pada awalnya.

Kondisi demikian merupakan sebuah simulasi bagi suatu kelompok yang mengikuti diskusi dalam keadaan tertekan dan tanpa arah. Sehingga dengan kondisi seperti itu akan terlihat bagaimana kepribadian individu dalam caranya bekerjasama, menanggapi suatu masalah, berinteraksi satu sama lain, hingga motivasi dan persepsinya dalam mengemukakan pendapat.

Dalam seleksi LPDP, sesi LGD merupakan tahap seleksi ketiga dalam keseluruhan tahapan seleksi substansi, bentuknya berupa diskusi kelompok yang tidak lebih dari 10-15 orang dengan lama durasi waktu 30 menit.

Oh ya, LGD akan menggunakan bahasa Inggris jika kamu mendaftar kampus di luar negeri.

Agar kamu mendapatkan penilaian yang positif pada sesi ini, kamu harus mempersiapkan beberapa hal, diantaranya:

Pertama, kuasai sebanyak mungkin isu atau materi yang sekiranya akan diujikan. Biasanya, materi diskusi seputar informasi terkini dan tema-tema penting terkait keindonesiaan.

Kedua, sebisa mungkin kamu berinisiatif mengambil peran untuk membuka atau menutup LGD sebab itu akan menjadi poin penilaian tersendiri.

Ketiga, sebaiknya tidak berbicara lebih dari 2 menit sebab jika berbicara terlalu panjang lebar, maka akan dianggap mendominasi diskusi.

Dalam LGD, mendominasi diskusi dianggap nilai minus sebab ini bukan ajang show up siapa kamu, melainkan akan dilihat seberapa jauh kamu mampu mengakomodir pendapat orang lain.

Keempat, perhatikan etika forum dan kesantunan bahasa. Kamu dilarang keras beropini sampai mencak-mencak lantaran kontra pendapat. Karena tidak ada yang benar dan salah dalam forum ini, tetapi lebih memperhatikan kualitas opini.

Kelima, kuasai bahasa Inggris dengan baik. Ini adalah kunci utama. Kita tak mungkin bisa mengutarakan pendapat dengan baik jika kemampuan berbahasa Inggris kita lemah.

Agar dapat melewati sesi LGD ini dengan baik, kamu perlu mempersiapkan bahasa Inggris sebelum mendaftar beasiswa LPDP. Untuk ini, kamu bisa mencoba Kampung Inggris sebagai salah satu pilihannya. Di sini ada banyak lembaga kursus yang menawarkan kelas speaking untuk profesional, seperti halnya Titik Nol English Course.

Banyak alumni Titik Nol yang menjadi awardee beasiswa LPDP. Mereka merasakan betul manfaat kursus bahasa Inggris sebelum mendaftar seleksi beasiswa tersebut.