Bagi seorang pemula, penggunaan kata “Its” dan “It’s” dalam bahasa Inggris kadang sedikit membingungkan. Hal ini wajar saja, sebab dua kata ini memiliki pengucapan yang mirip, tetapi mempunyai fungsi dan aturan yang berbeda.

Pada dasarnya “Its” dan “It’s” sama-sama menunjukan sesuatu yang tidak bernyawa atau berakal. Biasanya merujuk pada benda, dan bukan pada manusia.

Bedanya hanya pada tanda apostrof. Tetapi adanya tanda tersebut justru mengandung perbedaan yang tajam.

Its adalah bentuk kata yang menunjukan possessive (kepemilikan) dari kata ganti “it”. Seperti halnya penanda posesif “hers” dan “his”, kata “its” (atau imbuhan “-nya” dalam bahasa Indonesia) tidak membutuhkan apostrof.

Kamu bisa menggunakan kata “its” untuk menjelaskan sesuatu yang menjadi milik atau bagian dari hewan, tanaman, atau benda mati.

Misalnya:

I love my cat because its tail is so long
I have a car, its color is white

Sedangkan, kata It’s (dengan tanda apostrof) merupakan kependekan dari susunan “It is” atau “It has”.

Tanda apostrof di sini berfungsi sebagai penyingkatan. Ketika kamu menyingkat kata, pada dasarnya kita memperpendek kata-kata tersebut, dan ini sering terjadi ketika kita sedang berbicara.

Misalnya:

It’s a good story for you.
I have a new book and It’s so cheap.

Perbedaan di atas memang kelihatannya sepele, tetapi jika tidak dibenarkan maka bisa berakibat fatal. Orang bisa bingung dengan kalimat yang kita ucapkan.

Agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar, sebaiknya kamu mengambil kelas kursus saja. Persoalan seperti perbedaan “Its” dan “It’s” tersebut akan dibahas tuntas.

Mungkin Kampung Inggris di Pare Kediri bisa menjadi salah satu opsi terbaik bagimu. Di sini ada ratusan tempat kursus bahasa Inggris untuk membantu kamu agar cepat fluent.

Di Titik Nol English Course, pelajaran seperti di atas akan dibahas dengan mendalam di program Basic English, sehingga teman-teman akan lebih paham dengan maksimal.

Di kelas Basic Program dari Titik Nol English Course ini, teman-teman akan mempelajari mengenai rupa-rupa grammar, mulai dari part of speech, phrases, 5 tenses, simple sentence, dan lain sebagainya.

Selain kelas Basic, Titik Nol juga membuka kelas intermediate untuk tahap lanjutan, pre-IELTS atau pre-TOEFL, IELTS Intensive dan TOEFL Intensive.

Untuk mengetahui lebih dalam, kamu bisa cek sendiri di website ini atau akun IG @TitikNolEnglish.

Coba saja, pasti akan beda belajar bahasa Inggris di sini.