Belajar bahasa Inggris sebenarnya mudah. Kita hanya butuh niat dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, belajar bahasa Inggris tak melulu soal tenses dan grammar saja, lho. Ada banyak hal yang harus dipelajari jika kamu ingin menambah wawasan dan keterampilan agar menjadi seorang professional.

Salah satu hal dasar yang perlu diketahui dalam penggunaan bahasa Inggris adalah kata-kata yang menyatakan jumlah. Misalnya, many, much, few atau little. Jujur saja, hal ini sering kali membingungkan.

Lantas, apa bedanya?

Much dan many merupakan termasuk kata determiner atau pronoun manakala kedua kata tersebut digunakan untuk sebuah kuantitas. Kedua kata ini digunakan dalam bentuk plural atau kata bendanya lebih dari satu.

Namun dalam penerapannya, keduanya bisa dibedakan. Karena kata “many” digunakan ketika bertemu dengan kata benda yang bisa dihitung atau countable. Contohnya buku ataupun pulpen.

Sedangkan, “much” digunakan untuk benda yang tak dapat dihitung atau uncountable. Misalnya, uang, air, dan gula.

Contoh penggunaanya:

1.  Agus Karyadi has many knives in the kitchen.
2. Arshinta brought much sugar in her bag.
3. How many books do you have?
4. How much money do you have?

Penjelasan di atas hanya sekelumit soal perbedaan penggunaan many dan much dalam sebuah kalimat berbahasa Inggris. Sebenarnya masih banyak hal yang perlu dikulik dari penggunaan kata determiner tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa mengambil kelas grammar di tempat kursus bahasa Inggris. Penggunaan kata “many dan much” tersebut bisa dipelajari dalam kelas dasar/basic jika kita mengambil kursus.

Teman-teman bisa berkunjung ke Kampung Inggris Pare untuk mendalaminya. Di Titik Nol English Course, pelajaran seperti di atas akan dibahas dengan mendalam di program Basic English.

Secara umum, kelas Basic Program dari Titik Nol English Course ini akan mempelajari mengenai rupa-rupa grammar, mulai dari part of speech, phrases, 5 tenses, simple sentence, dan lain sebagainya.

Tenang saja, semua orang (pasti) bisa belajar bahasa Inggris kok. Jangan takut belajar ya.